Sabtu, 31 Oktober 2009

BERCERITA UNTUK ANAK

Jangan pernah menjadi orang tua yang tua. Orang tua dengan mekanisme pengajaran dalam mendidik anak di lingkungan dengan system feudal, dimana adanya jurang pembatas yang dalam antara orang tua dan anak.
Mekanisme pengajaran feudal hanya akan berdampak buruk bagi perkembangan psikologis si anak. Ia berkembang dalam kungkungan dan penjara pemikiran.
Komunikasi adalah hal yang sangat penting. Sebaiknya diterapkan secara simultan dan berkelanjutan. Ruang diskusi dan bercerita diterapkan dengan baik dan dilakukan dengan benar-benar baik.
Ruang tersebut disesuaikan dengan usia si anak. Penyesuaian tersebut berpengaruh dominant terhadap hal yang didiskusikan dan cara mendiskusikannya.
Yang harus dipertimbangkan adalah :
1. usia si anak
2. tingkat pendidikan si anak
3. hal yang harus didiskusikan
4. lingkungan / tempat berdiskusi
5. waktu berdiskusi
Dengan pembangunan ruang diskusi ini diharapkan mampu merangsang daya bercerita si anak mengenai perasaan dan fikirannya. Diharapkan, orang tua mampu mengenali dan memahami dengan benar perkembangan si anak, keinginan dan masalah yang sedang dihadapinya.
Melalui ruang bercerita ini, kedekatan emosional antara orang tua dan anak akan tumbuh dan berkembang positif. Tingkat depresi pada anak bisa diperkecil dan menyeret kesadaran mereka untuk terbuka dan bersikap jujur.
Perkembangan psikologis anak pun dapat terukur dengan kemampuan analisa orang tua yang menerapkan prinsip keterbukaan dan kejujuran secara kualitatif. Dan, sikap dan prilaku anak terpantau secara positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar